resep batagor | cara membuat batagor | Resep Kue Masakan Indonesia

resep batagor | cara membuat batagor

Resep Membuat Batagor - Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan khas bandung ini, makanan sekaligus camilan berbahan dasar tahu ini telah menjadi ikon kuliner kota kembang, Bandung. Perpaduan antara bumbu saus kacang dengan sambal pedas serta kecap manis menjadikan Batagor ini cocok dimakan kapan pun, namun saran saja untuk memakan batagor, usahakan pada waktu masih panas karena kalau di makan sewaktu dingin rasanya kurang begitu nikmat.
resep batagor | cara membuat batagor
resep batagor ilustrasi source rasa batagor
Cara membuat batagor ini sangat simpel sekali, tidak seperti resep iga bakar yang sangat rumit di karenakan harus memiliki keahlian khusus untuk mendapatkan rasa yang enak. Namun ada satu tips yang harus diperhatikan yaitu ketika menggoreng batagor sebaiknya semua bagian tahu dan pangsit terendam minyak (Deep Fried) agar rasa batagor lebih gurih dan enak. Nah sekarang kita persiapkan resep masakan batagornya.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Resep Batagor


250 gr ikan tenggiri, haluskan
250 ml air es
250 gr tepung kanji
2 batang daun bawang, iris tipis
2 batang seledri, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang halus
½ - 1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
6 buah tahu putih, potong sesuai selera
8 lembar kulit pangsit
minyak secukupnya (untuk menggoreng)


resep batagor | cara membuat batagor

Bahan-Bahan Untuk Membuat Saus Kacang:

300 gram kacang tanah goreng
2 buah cabai merah
5 siung bawang putih
100 gram gula merah
400 ml air matang

Cara Membuat Saus Kacang:

Haluskan semua bahan menggunakan blender.
Masak dengan api sedang hingga mendidih dan bumbu mengental

Cara Membuat Batagor:

Campur ikan dan air es, uleni sampai adonan tercampur rata. Tambahkan tepung kanji, daun bawang, seledri, bawang putih, merica dan garam, aduk rata. Bagi adonan menjadi 3 bagian masing-masing utk isi tahu, isi pangsit dan satu bagian untuk bakso.
Potong diagonal masing-masing tahu menjadi 2 bagian (bentuk segitiga). Lubangi potongan tahu ditengahnya, sisihkan remah-remahnya. Campurkan adonan untuk isi tahu dengan remah-remah tahu, lalu isikan adonan tersebut ke dalam tahu. Lakukan hingga semua tahu terisi, sisihkan. Ambil selembar kulit pangsit isi dengan adonan ikan, satukan ujung-ujungnya ke atas, hingga sisi-sisinya saling merekat. Lakukan hingga kulit pangsit habis, sisihkan.
Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, goreng tahu isi dan pangsit hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan.
Ambilkan sisa adonan ikan, bentuk dengan bantuan 2 sendok, langsung masukkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan.
Taruh tahu isi, pangsit dan bakso goreng di atas piring saji, biarkan utuh atau potong-potong, tuang saus kacang di atasnya. Hidangkan dengan saus cabai dan kecap manis, lalu beri perasan air jeruk limau.

Batagor (akronim dari bakso tahu goreng) adalah makanan yang berasal dari daerah Bandung dengan mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah menyebar hampir di seluruh Indonesia. Resep Batagor memang paling pas jika di padukan dengan saus sambal kacang, karena jika dipadukan dengan lainnya rasa batagor dari ikan tengiri dan tahu akan hilang dan terasa hambar. source dari batagor , terima kasih telah membaca resep batagor | cara membuat batagor.

14 komentar 14 komentar:

  1. Sering beli tapi belom pernah buat sendiri, boleh di coba nih

    BalasHapus
  2. teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. zaman sekarang sudah jarang menemukan blog yang isinya penuh manfaat seperti ini, keren!!

    BalasHapus
  3. bener dah,terimakasih and selamat pagi gan!

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali

    lagi thanks.

    BalasHapus
  5. terima kasih atas informasinya. Sukses ya..!! Dan Terimakasih banyak telah berbagi informasnya, Semoga Makin Keren selalu untuk info beserta websitenya,,

    BalasHapus
  6. Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

    BalasHapus
  7. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    BalasHapus
  8. Semua postinga artikelnya sangat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. terima kasih. :D

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

    BalasHapus
  10. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    BalasHapus
  11. morning, minna.. sekarang lagu amatsuki x aho no sakata yang berjudul asking too much sudah bisa ditonton dalam bahasa indonesia! Ayo berkunjung...!!

    BalasHapus
  12. pagi, kawan... Nice post nich, keep posting ya?? Saya mau blog walking lagi.. hehe

    BalasHapus
  13. hai kawan, inspiratif nih postingannya, pengen deh belajar buat blog dengan konten berkualitas kayak punya agan... sip banget!!

    BalasHapus